Buscar

SEPERTI MEMILIKI MATA BARU


Berawal dari pengalamanku, sebulan yang lalu melakukan operasi mata dengan LASIK. Aku teringat akan tulisan yang menempel di tas papper bag (hadiah berisi obat yang diberikan setelah operasi) bertuliskan:
"Seperti Memiliki Mata Baru"
Kemudian segera aku search di internet dengan key word di atas.

LASIK atau Laser-Assisted in SituKeratomileusis, merupakan suatu metode dimana kornea mata akan dibentuk kembalikelengkungannya menggunakan sinar laser dingin untuk memperbaiki kelainan miopiatau rabun jauh (minus), hipermetrop atau rabun dekat (plus), dan astigmatismaatau silinder.

Sederetan halaman satu dari om google menampilkan hal-hal yang berhubungan dengan mata, ada tulisan mengenai ikan aneh yang memiliki mata seperti mata manusia, ada pula manusia yang memiliki mata seperti kucing, dan tulisan terakhir dengan bintang 5 berwarna kuning (menandakan tulisan ini mendapatkan rating yang tinggi). Tulisan yang menarik untuk dibuka 'Seperti inikah wajah manusia 100 ribu tahun mendatang'

Tanpa kulihat-lihat lagi tulisan yang lainnya, segera ku- klik ...
Ini sangat menarik untuk dibaca. Disana tertulis bahwa makhluk hidup tak lepas dari yang namanya evolusi. Begitu juga dengan manusia. Manusia akan berevolusi mengikuti perubahan iklim dan habitat yang ada.
Lucunya, manusia akan memiliki mata yang sangat besar. Bahkan saking besarnya, mata ini mirip seperti apa yang digambarkan anime-anime Jepang saat ini.

Hal ini dipertegas dalam tulisan tersebut, mengapa manusia memiliki mata yang sangat besar?
Dalam kurun ratusan tahun yang akan datang, wajah manusia akan mengalami pembesaran pada bagian mata, hidung dan otak, yang disebabkan pada masa yang akan datang, manusia akan sulit untuk bernafas dan melihat. Mungkin ini yang menyebabkan terjadinya evolusi pada wajah manusia.

Heheeee :D
#catatan dalam tulisan tersebut dikatakan bahwa, otak manusia semakin besar dari masa ke masa.

sumber :


Pengalamanku saat di LASIK :

Keterangan :

1.  Setelah memuhi syarat untuk LASIK (pemeriksaan kondisi mata sebelum di LASIK), masuk ke ruang operasi LASIK. Disana dipakaikan kostum untuk operasi beserta penutup kepala dan kaki :) Kemudian kita menunggu beberapa menit (waktu persiapan alat operasi) sampai dokter spesialis mata dan perawatnya siap.

2. Masuk ruang operasi (ruangan transparan karna pembatasnya dari kaca), Dokter siap melakukan operasi. Disini perasaan campuraduk :D  

"Rani, mau mau sembuh gak matanya? kalau mau, buka matanya".

*Mata dilarang berputar, tetap fokus pada apa yang diperintahkan dokter (menatap satu titik yang diarahkan).
3.  Mesin pembedah untuk menyayat mata mulai beroperasi. Bergeser kearah mata. Sebelum dilakukan penyatan, mata sudah diberikan obat tetes, bius local. Dokter mulai membedah mata sebelah kanan, sebagai tahap awal sebelum disinari laser.
*Mata dalam keadaan terbuka, seperti diberikan beban penutup mata yang sangat berat. Sekitar berapa detik baru diangkat, menandakan kalau mata kita sudah disayat (*Lupa, kalo gak salah 25 detik). Kemudian, di lasernya untuk memperbaiki mata minus-nya (kebetulan saya minus 2.5) hanya memakan waktu 7 detik.
*Mata fokus kepada titik merah. Selesaiiii. Manstab^^.
Dokter menutup kembali mata yang sempet disayap. Ini sudah berasa santai :’)
4.   Mata kiri berikutnya.

5. Hanya 15 menit 2 mata selesai :’) cepet kan? Hehehee. Sudah berada di luar ruangan berkaca ‘ruang operasi’. Saat itu saya hanya bisa merem (emang gak bisa melek :’).

6. Perawat kemudian membersihkan mata dan memberikan beberapa tetes obat, lalu memakaikan kacamata putih :’). Ini kacamata MAHAL lohhh :D *mirip kacamata renang

7. Satu minggu kemudian ‘Kontrol Mata kembali’. Kontrol dengan dokter yang berbeda (dokter yang ini ganteng ^^).

8.  Seperti memiliki mata baru :’)




0 komentar:

Posting Komentar

 

Alhamdulillah atas nikmat-MU

silahkan dibaca, di klik aja :)