Buscar

DONOR DARAH


Ayo Kawand .. kita berbagi :’)

Donor Sekarang :')

Barusan aku nonton acara TV kesayanganku “Kick Andy” yang sedang membahas:

Jumat, 30 September 2011, 09:00:30 WIB

Kebutuhan darah nasional minimal adalah 2% dari jumlah penduduk. Jika jumlah penduduk Indonesia sekarang sekitar 232 juta penduduk, maka stok aman kantong darah yang harus tersedia kurang lebih adalah 4,7 juta kantong per tahun. Saat ini, dibawah kepemimpinan mantan Wakil Presiden RI – Jusuf Kalla, program baru yang dilakukan PMI untuk mendapatkan donor darah adalah dengan upaya jemput bola kepada pendonor. Karena itu PMI membuat sederet terobosan, antara lain membuka gerai UDD (Unit Donor Darah) di beberapa tempat seperti, kampus dan pusat perbelanjaan. PMI berusaha menjadikan aktifitas donor darah kini menjadi sebuah tren gaya hidup baru.

Aku jadi pengen cerita, Alhamdulillah aku udah 3x ikut donor darah di kampusku tercinta “UIN SYAHID JAKARTA”.
1.   Bersama sahabatku Ocha. Donor yang pertama ini cukup membuatku sedikit ciut hati dan sempat berniat untuk membatalkannya. (*perasaan takut ini wajar untuk pemula).
Yang harus dilakukan: Tarik nafas pelan-pelan, atur nafas. Siapkan dirimu. Tunggu namamu dipanggil. Jangan lari kebelakang yaa^^
2.  Seminggu setelah Ocha donor, aku kemudian ikut donor (*dilarang donor untuk wanita yang lagi dating bulan, boleh ikut setelah seminggu berlalu^^). Kali ini ada tragedy lucu. Aku berhasil dengan sukses pingsan :”), wajar saja aku pingsan. Aku hanya menyempatkan sarapan dengan gorengan saja. Hahaaa kacau. Untung aja pingsannya setelah selesai diambil darahnya, hehee. Buat sahabtku Cimoet dan kk panitia 'Ka Aan: Thanks yaa udah mau bantuin aku pas pingsan, hehe.
Yang harus dilakukan: Sarapan or makan dulu sebelum donor darah, biar gak pingsan^^
3.  Hari Rabu kemaren (28/09/11), aku sukses donor darah yang ketiga :’), kakak cantik yang ambil darahku pintar sekali, aku nyaman diambil darah dengan dia^^.
Yang harus dilakukan: tinggal menyiapkan diri, karena sudah mulai terbiasa, jadi perasaan takut sudah berkurang.

Catatan:
Aku termasuk susah untuk diambil darahnya, pembuluh darahku terlalu halus. Pernah pas donor kedua itu, tangan kanan dan kiriku jadi sasaran. Hadeehhhhhh...

Syarat-syarat teknis menjadi donor darah:
  • Umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua) 
  •  Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  • Hemoglobin Perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk pria minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Kegiatan yang ada saat akan mendonorkan darah:
  1. Registrasi untuk mengisi data diri kita.
  2. Menunggu panggilan untuk diperiksa berat badan, tekanan darah, golongan darah dan hemoglobin.
  3. Nahh untuk yang hemoglobinnya rendah tidak diperkenankan untuk donor darah.
  4. Menunggu panggilan untuk diambil darahnya. (*tenang, insyaAllah semua berjalan lancar, amin).
registrasi dulu, isi data diri.


KORPS SUKARELA PMI UIN JAKARTA

donornya didalam mobil nih^^, full music loh^^

Tips dariku saat proses donor darah berlangsung:
  1. Tenangkan diri. Jangan takut. Santai.
  2. Ajak ngobrol yang mau ambil darahmu. (*ibu/bapak/mas/mba/kakak pasti dengan senang hati menanggapi obrolan kita).
  3. Pas mau disuntik, palingkan saja wajahmu kesamping. (*biar gak liat jarumnya yang guueeeddeee, hehe)
  4. Rasakan dan nikmati tiap aliran darahmu yang melewati selang kecil menuju kantong darah 350cc.   Darah yang diambil bervariasi tergantung dari berat badan dan kondisi pendonor. Bila berat badan di bawah 50 kg, darah yang diambil sebanyak 250 cc. Dan bila berat badan di atas 50 kg darah yang diambil sebanyak 350 cc.
  5. Lihat proses pengambilan darahnya hingga selesai.
  6. Ketika akan dicabut suntikannya, lagi-lagi sebaiknya palingkan wajahmu, hehe.
  7. Setelah selesai, berterima kasihlah (*pada ibu/bapak/mas/mba/kakak yang sudah mengambil darah kita dengan baik).
proses saat selang digunting.

Ayooo kawand . . . jadikan ini gaya hidup kita :’)




6 komentar:

kak iki

tuk pemilik blog, diambil 500cc... hihi

chaeoche

Hey KK-tua ...

#anak gajaeh
che kan gak gendut :) tapi sedikit ndoet :D

kak iki

sama aja, yang penting jatahnya 500cc sekali donor.. :D

chaeoche

hahaaaaa ...........


nggak sii :P
jangan menjatuhkan reputasi che donk kaa. hehee ...

ayundasetia

aku mw koment ahh :D

chaeoche

heheee ...

yunda yunda yunda :)

Posting Komentar

 

Alhamdulillah atas nikmat-MU

silahkan dibaca, di klik aja :)